0 item in the bag

No products in the cart.

Konsultasi/Pesan: 6282234813382

Rambut Rontok Parah, Normal Ataukah Tanda Kebotakan?

Rambut Rontok Parah – Rambut merupakan mahkota. Maka dari itu, gak heran jika mempunyai rambut yang sehat, kuat dan lebat merupakan impian setiap orang. Akan tetapi, biasanya jika rambut rontok saat mandi maka kita akan melihat gumpalan rambut rontok.

penyebab rambut rontok parah

*gambar via https://www.pexels.com/photo/shallow-focus-photography-of-hand-1171655/

Gumpalan rambut ini bisa menyumbat saluran air kamar mandi. Selain itu juga, saat kita menyisir rambut. Maka rambut akan rontok. Masalah rambut rontok ini dapat membuat orang akan bertanya – tanya dan juga akan merasa minder apalagi bagi kaum perempuan.

Nah, rambut rontok yang parah apakah hal ini normal atau mungkin manjadi tanda – tanda kebotakan? atau juga adanya kondisi penyakit tertentu yang menjadikan rambut rontok banyak.

Kenapa rambut bisa rontok?

Nah, hal ini yang sering ditanyakan oleh customer Green Angelica. berikut sedikit penjelasan mangapa rambut bisa rontok. Karena rambut yang terbuat dari keratin, protein yang diproduksi didalam akar atau yang bisanya di sebut dengan folikel.

Disaat folikel rambut memproduksi sel rambut baru, sel lama maka akan terdorong keluar lapisan kulit. Rambut yang putus atau terlepas ini sebenarnya merupakan sel keratin yang telah mati. Untuk proses pertumbuhan pada rambut tidak semudah itu.

Ada beberapa tahapan yang harus dilewati hingga rambut benar – benar rontok. Yang pertama ialah tahapan yang dinamakan anagen, tahapan ini merupakan pertumbuhan serat rambut aktif.

  • Tahapan yang satu ini biasanya bertahan selama 2 hingga 6 tahun sebanyak 70 hungga 85 persen rambut yang dimiliki saat ini pada masa anagen.
  • Tahapan selanjutnya ialah katagen atau fase transisi. Fase yang satu ini ditandai dengan berhentinya pertumbuhan rambut. Fase ini biasanya akan berlangsung selama 10 hingga 20 hari.
  • Tahapan selanjutnya adalah fase telogen, yang terjadi pada saat rambut benar – benar berhenti tumbuh dan kemudian rontok.

Dimana kerontokan rambut tersebut sebanayak 10 hingga 20 persen hal ini menjadikan rambut berada di dalam fase telogen. Biasanya hal ini akan berlangsung 60 hari hingga 100 hari.

Setelah fase telogen usai atau selesai, biasanya proses pertumbuhan akan mulai kembali ke fase anagen. Pertumbuhan rambut juga dipengaruhi kesehatan rambut tersebut.

Bagaimana Rambut rontok dibilang wajar?

Kecepatan pada pertumbuhan rambut normalnya ialah sekitar 1 centimeter per bulan. Rata – rata, orang yang sudah dewasa mempunyai 50,000 hingga 100,000 helai rambut. Jika rambut rontok 20 hingga 40 helai perharinya aka hal ini masih normal – normal saja, dan gak perlu kawatir. Karen jumlah ini masih tergolong normal.

Nah, Jika rambut rontok perharinya 50 hingga 100 lebih, maka harus mewaspadainya. Karena hal ini merupakan kerontokan rambut dibalang parah. Dan hal ini jika dibiarkan saja, maka rambut akan mengalami kebotakan.

Tapi mungkin kebotakan ringan, dan jika dibiarkan saja hingga lama. Hal ini bisa menyebabkan rambut akan mengalami kebotakan parah bahkan bisa mengalami botak licin.

Telogen effluvium, merupakan penyebab rambut rontok parah yang paling umum.

Telogen effluvium atau biasanya disingkat (TE) merupakan penyebab rambut rontok kedua. Yang paling umum atau sering didiagnosis oleh dokter spesialis kulit ataupun dermatolog. Kondisi tersebut terjadi disaat adanya perubahan pada jumlah folikel rambut yang akan menumbuhkan rambut.

TE yang pertama kali akan muncul dengan ditandai oleh penipisan rambut, hal ini hanya terlihat pada area kepala tertentu. Jika dibiarkan saja hal tersebut bisa merata. Namun, salah satu area yang mungkin akan terlihat lebih tipis dari area yang lain.

Biasanya Telogen effluvium atau TE akan terlihat di ubun-ubun. Namun, kerontokan Telogen effluvium ini jarang menyebabkan rambut sampai benar-benar botak atau gundul.

Tapi, harus dilakukan dengan perawatan rambut secara teratur. Jika tidak maka Telogen effluvium ini akan menyababkan kebotakan yang parah hingga gundul.

Maka dari itu, sangat dianjurkan menjaga kesehatan rambut dan melakuakan perawatan rambut secara alami.

Penyebab rambut rontok ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

  • Pasca Melahirkan
  • Demam tinggi
  • Operasi
  • Stres (wanita yang mengalami Telogen effluvium umumnya akan mengalami kerontokan rambut dalam 2 bulan sampai 3 bulan setelah stres berat atau tingkat dewa 🙂 )
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Proses penyembuhan dari sakit, terutama jika disertai demam tinggi
  • Berhenti menggunakan pil KB

Meski begitu, rambut rontok yang akibat oleh TE bersifat sementara dan merupakan cara tubuh untuk menyesuaikan perubahan yang akan terjadi akibat pengaruh faktor-faktor tersebut.

Pertumbuhan rambut akan kembali normal denga cepat jika dilakukan perawatan rambut denga cera teratur dan seiring dengan proses pemulihan tubuh pada faktor-faktor di atas, biasanya dalam waktu 6 bulan hingga 9 bulan.